Begini Alasan Kenapa Puasa Itu Menyehatkan

Hadits  
Puasa itu menyehatkan, karena akan mengurangi masuknya bakteri atau kuman ke dalam mulut melalui makanan atau minuman. (Ilustrasi)
Puasa itu menyehatkan, karena akan mengurangi masuknya bakteri atau kuman ke dalam mulut melalui makanan atau minuman. (Ilustrasi)

Ada sebuah ungkapan penting yang patut untuk direnungkan. “Berpuasalah, niscaya kamu akan sehat.” Ungkapan yang singkat namun padat dan sarat makna ini, memiliki hikmah yang besar. Secara ilmiah telah terbukti, bahwa orang yang berpuasa akan sehat. Sebab, perut yang menjadi tempat makanan, akan kosong saat berpuasa. Karena itu, kuman-kuman penyakit pun akan berusaha bertahan hidup dengan sisa-sisa makanan yang ada.

Dalam dunia kesehatan, apa yang disebut dengan puasa sejalan dengan proses metabolisme tubuh, yakni mampu mengekang gerakan sejumlah sel-sel yang merugikan tubuh. Penelitian membuktikan bahwa puasa berpengaruh terhadap metabolisme tubuh manusia, baik jaringan otot, lemak, glukosa dan lainnya.

Baca Juga:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hewan Ini Ternyata Ikut Puasa

Ulat Berpuasa Untuk Membentuk Tabiat Menjadi Lebih Baik

Amalan Agar Mudah Melunasi Utang

Apakah Mencium Istri Membatalkan Puasa?

Prof Dr Hembing Wijayakusuma, dalam bukunya Puasa itu Sehat menyebutkan, ketika seseorang berpuasa, maka sekitar 600 miliar sel dalam tubuh akan menghimpun diri agar dapat bertahan hidup. Bila tidak, maka sel-sel yang terbiasa menggerogoti sisa-sisa makanan di dalam tubuh itu akan mati.

Bagaimana dengan orang yang sakit mag? Mag adalah gangguan pada lambung yang menyebabkan rasa tidak enak. Umumnya penyakit mag ini menyerang ulu hati dan lambung. Gangguan pada lambung ini disebabkan oleh naiknya produksi asam lambung. Oleh karenanya, agar penyakit mag tidak menyerang saat berpuasa, sebaiknya menghindari makan menjelang tidur. Sebab, sistem pencernaan tubuh akan kesulitan untuk mencerna makanan, dan akibatnya perut pun akan terasa sakit.

Oleh karena itu, makan sahur merupakan salah satu solusi untuk mencegah perut kosong agar tidak mag. Yang harus diperhatikan pula, pada saat makan sahur hendaknya tidak mengonsumsi makanan yang dapat memicu timbulnya gejala mag.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rumah Berkah adalah lembaga nirlaba, yakni Yayasan Rumah Berkah Nusantara. Lembaga ini bergerak dalam bidang Sosial, Keagamaan, dan Kemanusiaan.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image