Begini Alasan Kenapa Puasa Itu Menyehatkan

Hadits  

Sehat batin

Puasa tidak hanya menyehatkan tubuh secara fisik, tetapi juga bagi batin. Karena, dengan berpuasa, setiap Muslim dilatih untuk membersihkan hati dan rohani. Membersihkan hati dari berbagai macam perbuatan dosa dan maksiat, serta pikiran yang kotor. Karena itu, dengan berpuasa, maka akan muncul hati yang bersih dan pikiran yang jernih dan tenang. Hatinya senantiasa akan memancarkan cahaya kesejukan dan kedamaian. Sikapnya pun akan mencerminkan akhlak yang mulia.

Hati yang bersih akan mudah memisahkan perbuatan yang terpuji dan tercela, antara yang halal dan haram. Sebaliknya, hati yang kotor tak akan mampu membedakan antara kebaikan dan keburukan. Bahkan, hatinya akan cenderung pada hal-hal yang kotor dan buruk.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Para ahli hikmah berkata; “Hati yang bercahaya akan melahirkan watak terpuji seperti keikhlasan, kejujuran, keberhasilan, kesederhanaan, kepemimpinan, dan sebagainya. Sedangkan hati tanpa nurani (tidak bercahaya dan kotor), akan melahirkan watak yang tidak baik bahkan cenderung pada kejahatan.”

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya, dalam diri manusia itu terdapat segumpal daging. Apabila daging itu rusak, maka rusaklah seluruh amal perbuatannya. Dan bila daging itu baik, maka baik pulalah seluruh amal perbuatannya. Ketahuilah, itulah hati.”

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT juga mewanti-wanti hamba-Nya, agar senantiasa beribadah kepada Allah dengan hati yang suci, tulus, dan bersih. Karena, sesungguhnya Allah tidak akan menerima segala amal perbuatan hamba-Nya yang masih diliputi dengan hati yang buruk. “Tidak ada guna harta dan anak keturunanmu, kecuali orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih (qalbun salim).” (QS Asy-Syu’ara [26]: 88-89).

Maka untuk mengendalikan hawa nafsu dan hati yang cenderung buruk itu, hendaklah memperbaikinya dengan berpuasa. Sebab, puasa akan mampu mengendalikan hati dan sikap yang buruk menjadi baik, yang pemarah menjadi sabar, yang sombong menjadi rendah hati (tawadlu’), yang kikir menjadi dermawan, dan lain sebagainya. Dari sini tampaklah bahwa, sesungguhnya puasa itu, selain menyehatkan tubuh secara fisik, juga menyehatkan secara batin.

Syahruddin E

Jurnalis Republika, Khadimul Rumah Berkah

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image