Kado Buat Mama

Hikmah  
Ibu, jasamu takkan terbalas.
Ibu, jasamu takkan terbalas.

Kado Buat Mama

By: Syahruddin El-Fikri

Usaha Ananda untuk membahagiakan ibunya, terbayar sudah. Hal itu dibuktikan dengan keberhasilannya meraih rangking pertama di sekolahnya, SD Harapan Bunda. Ia ingin menunjukkan hal itu pada ibunya, nanti sore.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun, ia merasa masih ada yang kurang untuk diberikan kepada ibunya tercinta. Sepulang sekolah, siswa kelas lima SD itu tak langsung pulang ke rumah. Hari Sabtu itu, sengaja ia memilih pulang agak sore. Alasan utamanya karena dia ingin membelikan bunga kesayangan ibunya, yakni mawar putih.

 

Tapi, ia tak punya uang. Maka, dengan berbekal keyakinan dan kerja kerasnya, Ananda mengabdikan diri untuk menjadi pembantu di sebuah warung, tak jauh dari sekolahnya. Hanya untuk hari itu saja.

Sejak pagi, Ananda sudah mempersiapkan pakaian untuk bekerja. Karena itu, sepulang sekolah, ia mampir ke Masjid untuk shalat Zhuhur, terus berganti pakaian untuk mencari mencari pekerjaan, yakni menjadi pembantu di sebuah warung.

Ia sudah mendapatkan warung yang tepat untuk pekerjaannya. Ia pun mendatangi sang pemilik warung. Ananda memohon agar diizinkan untuk bekerja hari itu, demi membahagiakan ibunya. Namun, Ananda tak menceritakan alasan lainnya.

Dengan memelas, ia berharap sang pemilik warung mengizinkannya. Hanya sampai nanti sore, sekitar pukul 17.00.

Sang pemilik warung, Angga, memerhatikan wajah Ananda dengan saksama. Setelah meneliti kesungguhan dan keseriusan Ananda, dan dengan alasan kemanusiaan, Angga pun mengizinkan Ananda bekerja di warungnya. Tapi, hanya hari itu dan sampai nanti sore. “Terima kasih, pak,” ujar Ananda kepada Angga, sang pemilik warung.

Angga berpikir keras, apa alasan sesungguhnya dari Ananda ini. “Ibu.” Ya, hanya buat ibu. Angga pun jadi teringat ibunya di kampung. “Sedang apa, beliau di rumah, ya?” batin Angga.

Angga segera melupakan bayangan ibunya. Kembali ia memerhatikan Ananda yang begitu serius bekerja. Mulai dari mengepel lantai, mencuci piring, dan membuang sampah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rumah Berkah adalah lembaga nirlaba, yakni Yayasan Rumah Berkah Nusantara. Lembaga ini bergerak dalam bidang Sosial, Keagamaan, dan Kemanusiaan.

Twibbon Satu Abad NU

Sambut Satu Abad, NU Depok Gelar Apel Akbar

Habib Umar: Rajab Adalah Bulan Allah

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image