10 Tujuan Diwajibkannya Puasa

Agama  

10 Tujuan Diwajibkannya Puasa

Oleh: Syahruddin El Fikri

Sahabat Rumah Berkah,

Sebagaimana ditegaskan dalam surah Al-Baqarah [2]: ayat 183, bahwa tujuan puasa adalah untuk membentuk pribadi Muslim yang bertakwa. Yakni, senantiasa melaksanakan segala yang diperintahkan oleh Allah SWT, dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Namun demikian, ada makna lainnya dibalik perintah atau diwajibkan berpuasa.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sejumlah ulama memerinci tujuan lain puasa, selain untuk membentuk pribadi Muslim yang bertakwa. Sediktinya ada 10 tujuan sehingga puasa itu diwajibkan oleh Allah untuk umat Islam.

1. Puasa mempersempit aliran makanan dan darah yang notabene merupakan aliran setan.

2. Puasa melemahkan syahwat, hasrat jahat, dan keinginan berbuat maksiat. Bila orang yang berpuasa mempunyai pikiran untuk melakukan kejahatan, maka hal itu dapat menyebabkan puasanya tidak sempurna, bahkan akan membatalkan puasanya.

3. Puasa mengingatkan dirinya bahwa di sekitarnya terdapat orang-orang yang juga kelaparan, karena kehidupannya sangat miskin. Dengan demikian, orang yang berpuasa harus memiliki jiwa sosial dan peduli dengan sesama.

4. Puasa adalah media pendidikan jiwa, penyucian hati, pengendalian diri dari segala hawa nafsu, dan menjaga anggota tubuhnya dari perbuatan dosa dan maksiat.

5. Puasa adalah rahasia antara hamba dengan Tuhannya. Sebab, tak ada orang lain yang mengetahui jika dirinya berpuasa, kecuali dia dan Tuhannya.

.....Lanjut.....

Baca juga:

7 Keutamaan Puasa

Istri Ngambek Karena Suaminya Sering Kedatangan Tamu, Endingnya Mengharukan

Mengerjakan Ini Pahalanya Segede Gunung Uhud

Doa Hari ke-5 Puasa Ramadhan

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image