Kisah: Ibrahim bin Adham dan Doa yang Tertolak Karena Sebutir Kurma

Hikmah  

“Oh, sekarang doanya sudah tidak dikabulkan lagi sejak beberapa bulan lalu,” kata malaikat yang pertama. Hal itu membuat malaikat yang satunya penasaran. “Memangnya kenapa doanya tidak dikabulkan lagi,” kata malaikat yang kedua kepada malaikat yang pertama. Dalam banyak Riwayat doanya tidak dikabulkan sejak empat bulan lalu.

"Itu disebabkan sebutir kurma yang ia makan beberapa bulan lalu, milik seorang pedagang kurma di pinggiran Kota Makkah,” kata malaikat yang pertama menjelaskan.

Mendengar hal itu, terkagetlah Ibrahim bin Adham. Sekian lama dirinya mendekatkan diri kepada Allah, namun rupanya sejak kisah sebutir kurma membuat doanya tertolak. “Astaghfirullah al-‘Azhim,” kata Ibrahim bin Adham.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ia menyadari kesalahannya. Ia menyadari kelalaiannya. Atas hal ini, ia pun bergegas pergi kembali ke Kota Makkah untuk menemui pedagang kurma tersebut. Dalam perjalanan kembali ke Makkah itu, ia memperbanyak istighfar dan memohon ampunan kepada Allah SWT, hingga akhirnya ia tiba di lokasi yang sama.

Baca Juga: Gubernur Ini Dapat BLT

Anehnya, ia tak mendapati pedagang kurma berusia lanjut beberapa bulan lalu. Yang ia temui di lokasi itu hanya seorang pemuda yang juga berjualan kurma. Maka Ibrahim bin Adham pun lantas menanyakan perihal pedagang kurma yang berusia tua tersebut.

“Ke manakah gerangan pedagang kurma berusia lanjut, yang ciri-ciri fisiknya begini begini. Apakah engkau mengetahuinya?” kata Ibrahim bin Adham kepada anak muda tersebut.

Sang anak muda menjelaskan bahwa dirinya adalah salah satu anak dari pedagang kurma. Dan pedagang kurma berusia lanjut itu sudah sebulan lalu wafat. “Beliau sudah wafat sekitar sebulan lalu, dan sayalah yang menggantikan beliau berdagang kurma di lokasi ini,” ujarnya.

Ibrahim bin Adham tampak sedih, karena niatnya ingin berjumpa dengan pedagang kurma itu tak terkabulkan. Ia pun lantas menyampaikan maksud dan tujuannya.

“Wahai anak muda, saya Ibrahim bin Adham. Beberapa bulan lalu, selepas menunaikan ibadah haji, saya berangkat ke Palestina. Namun, sebelum saya pergi dari Kota Makkah ini, saya menyempatkan diri membeli sejumlah kurma sebagai perbekalan perjalanan saya, dan saya membeli kurma tersebut kepada ayahmu, pedagang kurma yang berusia lanjut tersebut,” ujarnya.

“Nah, setelah akad kami tunaikan, saya membayarkan harga kurma tersebut. Dan saya menerimanya. Namun, tanpa sengaja saya melihat ada sebutir kurma berada di bawah meja, yang saya pikir itu adalah kurma yang saya beli terjatuh dari bungkusannya. Lalu kurma itu saya ambil, bersihkan, dan kemudian saya makan. Setelah itu, saya bergegas pergi. Ternyata kurma itu bukan milik saya, dan saya datang lagi ke mari, untuk meminta keikhlasannya dan saya akan menggantinya. Bisakah ke merelakan dan meridhainya," kata Ibrahim bin Adham penuh harap.

...lanjut...

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image