Khianat Itu Termasuk Ciri Orang Munafik

Hikmah  

Kedua, apabila berjanji ia ingkar. Sifat orang munafik yang kedua adalah gampang berjanji namun tidak pernah ditepati. Karena itu, Islam mengajarkan, agar berhati-hati dalam membuat janji, sebab janji harus ditepati. Dalam Islam diajarkan jika berjanji hendaklah dengan mengatakan; insya Allah (jika Allah menghendaki).

Mereka yang mengucapkan kata Insya Allah ini, hendaknya juga berhati-hati, karena menggunakan kata ‘Allah’ sehingga janji itu harus diupayakan untuk ditepati, kecuali memang ada uzur yang dibenarkan oleh syara (syariat).

Ciri orang munafik yang ketiga adalah, bila dipercaya ia berkhianat. Artinya, apabila seseorang diberi amanah (tanggung jawab), maka dia harus melaksanakan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya. Ia tidak boleh mengkhianati amanah yang sudah diberikan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebab, karena pengkhianatan atau tidak melaksanakan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya, maka akan muncul kekisruhan, kerusuhan, keonaran, bahkan dapat menyebabkan pembunuhan. Karena itulah, Islam menyebutkan, orang yang suka berkhianat, dan pelakunya disebut pengkhianat, dicap sebagai orang yang munafik.

Perilaku munafik, dalam Al-Quran akan diberi ganjaran dengan neraka. “Tidak akan masuk surga orang yang suka menyebarkan fitnah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman;

اِنَّ الْمُنٰفِقِيْنَ فِى الدَّرْكِ الْاَسْفَلِ مِنَ النَّارِۚ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيْرًاۙ

“Sungguh, orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka.” (QS. An-Nisa [4]: 145).

Berkata Sufyan Ats Tsaury rahimahullah:

إياكَ أنْ تخُونَ مؤمنًا، فَمَنْ خَانَ مؤمنًا فقَدْ خانَ الله ورَسُوله

“Janganlah engkau berkhianat terhadap seorang mukmin, barangsiapa yang mengkhianati seorang mukmin maka sungguh ia telah berkhianat kepada Allah dan rasul-Nya." (Hilyatul Auliya: 7/82).

Demikian sahabat Rumah Berkah, ciri-ciri orang munafik yang ancaman cukup berat disisi Allah. Semoga kita semua dijauhkan dari sifat munafik. Aamiin. Wallahu A’lam. (RB).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image