Lima Kitab yang Masyhur Dibaca Saat Maulid Nabi

Pustaka  

Lima Kitab yang Masyhur Dibaca Saat Maulid Nabi

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Memasuki bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, yakni bulan Rabiul Awal, bahkan setelahnya, beberapa rutinitas yang selalu dijalankan oleh masyarakat Muslim khususnya di Indonesia adalah dengan memperbanyak membaca shalawat bersama-sama, baik di majelis, mushola, masjid ataupun dalam gelaran Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Dan seperti biasanya saat diadakan majelis shalawat, selalu ada kitab maulid yang dibaca di tengah-tengah pelaksanaan kegiatan semacam itu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Melansir laman NU Online, berikut kami merangkum sejumlah kitab Maulid yang masyhur di tengah masyarakat Indonesia:

1. Maulid Barzanji

Kitab Maulid Barzanji adalah kitab yang berisi mengenai pujian-pujian yang ditulis oleh Sayyid Ja’far al-Barzanji murni atas dasar kecintaannya kepada baginda Nabi Muhammad SAW sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan kecintaan umat Islam kepada nabinya.

Dalam kitab Madârijus Shu’ûd, Syekh Muhammad Nawawi Banten mengatakan bahwa kitab maulid yang disusun oleh sosok yang memiliki nama lengkap Sayyid Zainal ‘Abidin Ja’far bin Hasan bin ‘Abdul Karim al-Husaini asy-Syahzuri al-Barzanji ini laksana media yang mampu menjadi sebab datangnya berbagai kebaikan (sihrul halâl) dan orang yang membacanya akan mendapatkan keridhaan dari Allah Swt. (Al-Bantani, Madârijus Shu’ûd, halaman 3).

Syekh Nawawi Banten seolah hendak mengatakan, dengan membaca Maulid Barzanji orang akan mendapatkan keutamaan yang sangat banyak, di antaranya akan digampangkan semua urusannya, sebagaimana sihir, namun Maulid Barzanji seolah sihir yang halal. Jika tujuan membacanya agar terhindar dari penyakit, maka ia akan dijauhkan dari penyakit oleh Allah swt. Tidak hanya itu, dengan membacanya, seseorang akan mendapatkan kehormatan berupa keridhaan dari Allah swt.

Artikel Terkait:

Berkah Maulid, Keluarga Yahudi Masuk Islam

Keutamaan Membaca Shalawat Nabi

Negeri yang Diazab Allah

Kisah Kehancuran Kaum Tsamud

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image