Umar yang Gagah Berani, tak Berkutik di Hadapan Orang Ini

Hikmah  
Ilustrasi
Ilustrasi

Umar yang Gagah Berani, tak Berkutik di Hadapan Orang Ini

Oleh Syahruddin El Fikri

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dikisahkan dalam sebuah hadits, bahwa Fatimah, putri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, datang menemui Beliau. Fatimah meminta kepada beliau agar diberikan seorang pembantu mengurusi pekerjaan rumahnya. Sebab, Fatimah merasa sangat kelelahan untuk mengerjakan semua pekerjaan rumah. Namun demikian, permintaan tersebut tak lantas dikabulkan oleh Rasulullah SAW. Beliau memberikan nasihat kepada putrinya:

عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ شَكَتْ إِلَيَّ فَاطِمَةُ مَجْلَ يَدَيْهَا مِنْ الطَّحِينِ فَقُلْتُ لَوْ أَتَيْتِ أَبَاكِ فَسَأَلْتِهِ خَادِمًا فَقَالَ أَلَا أَدُلُّكُمَا عَلَى مَا هُوَ خَيْرٌ لَكُمَا مِنْ الْخَادِمِ إِذَا أَخَذْتُمَا مَضْجَعَكُمَا تَقُولَانِ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَأَرْبَعًا وَثَلَاثِينَ مِنْ تَحْمِيدٍ وَتَسْبِيحٍ وَتَكْبِيرٍ.  رواه الترمذي.

Dari Ali RA, ia berkata, “Fatimah telah mengadu kepadaku tentang kedua tangannya yang capek membuat adonan dari tepuk gandum.” Lalu aku berkata, “Jika kamu datang ke bapakmu, maka mintalah pembantu kepadanya.” Lalu Rasulullah SAW bersabda, “Maukah kalian berdua aku tunjukkan sesuatu yang lebih baik untuk kalian dari pada seorang pembantu? Jika kalian hendak mendatangi kasur kalian, maka ucapkanlah 33 kali tasbih, 33 kali tahmid, dan 34 kali takbir.” (HR. at-Tirmidzi).

Baca Juga: Kisah Abu Hurairah dan Ibunya

Mendengar nasihat tersebut, maka Fatimah tak jadi meminta pembantu kepada Rasulullah SAW. Ia menerima apa yang sudah ditakdirkan untuk dikerjakan dan menjadi tugasnya sebagai seorang istri dari suaminya, dan ibu bagi anak-anaknya.

Nasihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (SAW) kepada putrinya ini mengajarkan bahwa terdapat kemuliaan bagi seorang perempuan (istri) yang memenuhi kebutuhan rumah tangga. Intinya, bersabar dan senantiasa berzikir itu lebih baik untuknya, sehingga ketenangan akan didapatkan dan rasa lelah pun hilang dengan penuh kenikmatan.

Sifat sabar adalah kunci lahirnya surga dalam rumah tangga, sabar menghadapi anak-anak, sabar dalam menghadapi banyaknya pekerjaan rumah, dan sabar terhadap ujian-ujian lain dalam rumah tangga.

Banyaknya keluh kesah perempuan saat ini dalam menghadapi penatnya pekerjaan rumah bukan hanya dari kurangnya rasa ikhlas dan sabar, tetapi faktor lain yaitu kurangnya kerjasama dan kepekaan suami dalam mengurusi rumah tangga. Karena perempuan sendiri makhluk yang membutuhkan figur pasangan dan partner dalam mengurusi rumah tangga.

Artikel Terkait:

Gadis Cantik dari Bani Nakha'

Malaikat Mikail Menahan Matahari demi Ali

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image