Khutbah Rasulullah Menjelang Ramadhan

Hikmah  

Wahai manusia!

Sesungguhnya pintu-pintu surga dibukakan bagimu, maka mintalah kepada Tuhanmu agar tidak pernah menutupkannya bagimu. Pintu-pintu neraka tertutup, maka mohonlah kepada Tuhanmu untuk tidak akan pernah membukakannya untukmu. Setan-setan terbelenggu, maka mintalah agar ia tak pernah menguasaimu.

Ali bin Abi Thalib karramallahu wajhah berdiri dan berkata; “Wahai Rasulullah, amalan apa yang paling utama di bulan ini?” Rasul SAW menjawab: “Ya Abal Hasan! Amalan yang paling utama di bulan ini adalah menjaga diri dari apa yang diharamkan.”

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Wahai manusia!

Sesungguhnya kamu akan dinaungi oleh bulan yang senantiasa besar lagi penuh keberkahan, yaitu bulan yang di dalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan; bulan yang Allah telah menjadikan puasanya suatu kewajiban (fardhu). Dan qiyam (shalat) di malam harinya suatu tathawwu’ (dianjurkan).

Barangsiapa mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan di dalamnya, samalah dia dengan orang yang menunaikan suatu fardhu di bulan yang lain. Ramadhan adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu balasannya adalah surga. Ramadhan itu adalah bulan pertolongan (syahru al-Muwasah), dan bulan Allah untuk memberi rezeki kepada orang-orang yang beriman di dalamnya.

Barangsiapa yang memberikan makan orang yang berpuasa, maka yang demikian itu merupakan pengampunan dosa baginya dan kemerdekaan diri dari neraka. Orang yang memberi makanan akan memperoleh pahala seperti orang yang berpuasa tanpa sedikitpun berkurang.”

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image