Inilah Keutamaan Surat Al Fatihah

Al Quran  

Sahabat Rumah Berkah yang dimuliakan Allah SWT.

Kita semua, umat Islam, tentu mengetahui dan hafal Surat Al-Fatihah. Ia merupakan induk dari Al-Quran. Banyak sebutan lain mengenai Surat Al-Fatihah ini, seperti Al-Fatihah (Pembuka), As-Sab’ul Matsani (tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang), ummul qur’an (induknya Al-Quran), ummul kitab (induknya Al-Kitab/Al-Quran), dan lain sebagainya.

Surat Al-Fatihah memiliki keistimewaan dan keutamaan. Dalam sebuah hadis di katakan, bahwa ibadah shalat seorang muslim, tidak akan diterima oleh Allah SWT bila tidak dibacakan Surat Al-Fatihah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut ini, keutamaan dan keistimewaan dari Surat Al-Fatihah tersebut:

1. Syarat Sah Shalat

عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا صَلَاةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ

“Dari ‘Ubadah bin Shamit, bahwasanya Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda: tidak –sah- shalat seseorang yang tidak membaca surat Fatihah.” (H.R al-Bukhariy)

Dalam kitab Mausû’ah Fadhâil Suwar wa Âyâti Al-Qur’an, h. 59-61, karya DR. Muhammad bin Rizq bin Thurhûniy, disebutkan;

مَنْ صَلَّى صَلَاةً مَكْتُوْبَةً فَلْيَقْرَأْ بِأُمِّ الْقُرْآنِ وَقُرْآنٍ مَعَهَا, فَإِذَا انْتَهَى إِلَى أُمِّ الْكِتَابِ فَقَدْ أَجْزَأَتْ عَنْهُ وَمَنْ كَانَ مَعَ اْلِإمَامِ فَلْيَقْرَأْ إِذَا سَكَتَ وَمَنْ صَلَّى صَلَاةً فَلَمْ يَقْرأُ فِيْهَا فَهِيَ خِدَاجٌ فَهِيَ خِدَاجٌ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ.

“Siapa saja yang shalat wajib maka bacalah ummu Al-Qur’an dan Al-Qur’an bersamanya, jika dia selesai dari ummu Al-Qur’an maka sudah cukup baginya, dan siapa saja yang shalat bersama imam maka bacalah saat diam, siapa saja shalat tanpa membacanya maka shalatnya tidak sempurna, tidak sempurna beliau katakan tiga kali.” (H.R Hakim, al-Baihaqi, ad-Daruqutniy dll)

2. Membuat Iblis Ketakutan

Dalam kitab Mausû’ah halaman 27, dikatakan:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: رَنَّ إِبْلِيسُ حِيْنَ أُنزِلَتْ فَاتِحَةُ الْكِتَابِ

“Dari Abu Hurairah –radhiyallahu ‘anhu- beliau berkata: Iblis menjerit saat turunnya surat al-Fatihah.” (H.R Ibnu Abi Syaibah dengan sanad yang shahih).

Baca juga:

Kisah Ulama yang Doanya Tertolak karena Sebutir Kurma

Kelompok yang Mengiringi Jenazah

10 Golongan yang Jasadnya Masih Utuh Hingga Hari Kiamat

Buku Sehat dengan Wudhu

Dapatkan buku Sehat dengan Wudhu di Shopee, Klik disini

Lihat Artikel Selanjutnya.....

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image