Penyebab Manusia Mudah Tertipu

Hikmah  

Penyebab Manusia Mudah Tertipu

Manusia tertipu dengan kemewahan dunia dan kekhawatiran akan kematian.

Oleh Syahruddin El Fikri

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah.

Siapapun orangnya, tidak ada yang mau tertipu atau ditipu. Tetapi adakalanya, entah dalam keadaan sadar atau tidak, seseorang tetap saja tertipu. Dan tertipu itu, rasanya tidak enak. Membuat seseorang gampang marah, mudah emosi, dan lain sebagainya. Maka, bila seseorang sudah tahu bahwa yang terjadi adalah hanya permainan dan tipu daya, tentu dirinya tidak akan mau masuk ke dalam permainan tersebut.

“Dan kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan senda gurau. Sedangkan negeri akhirat itu, sungguh lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Tidakkah kamu mengerti?” (QS. Al An’am [6]: 32).

وَمَا هٰذِهِ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ اِلَّا لَهْوٌ وَّلَعِبٌۗ وَاِنَّ الدَّارَ الْاٰخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُۘ لَوْ كَانُوْا يَعْلَمُوْنَ 64

“Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui.” (QS. Al Ankabut [29]; 64).

Dalam surah Muhammad [47] ayat 36 juga diterangkan;

Sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurau. Jika kamu beriman serta bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta hartamu.” (QS. Muhammad [47]; 36).

Kehidupan dunia hanyalah tipu daya, maka sudah sepantasnya manusia berhati-hati. Dan orang-orang yang beriman, akan menyikapi kehidupan dunia yang penuh tipu daya ini dengan senantiasa memantapkan diri beribadah kepada Allah dan menyiapkan bekal di akhirat kelak. Yakni, kehidupan yang kekal dan abadi.

Karenanya, mereka yang beriman akan bersikap tenang dalam menghadapi situasi demikian. Ada beberapa hal yang melandasi seorang beriman dalam kondisi ini.

Artikel Terkait:

Kisah Ulama yang Doanya Tertolak karena Sebutir Kurma

Kelompok yang Mengiringi Jenazah

10 Golongan yang Jasadnya Masih Utuh Hingga Hari Kiamat

Buku Sehat dengan Wudhu

Dapatkan buku Sehat dengan Wudhu di Shopee, Klik disini

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image