Penyebab Manusia Mudah Tertipu

Hikmah  

Godaan dan Pesona Dunia

Manusia mudah tertipu oleh gemerlap, godaan, dan pesona dunia. Mereka ingin menikmati kemewahan yang tampak secara kasat mata. Sehingga sesuatu yang menggiurkan, membuatnya mudah tergoda dan terpesona.

Lihatlah para koruptor. Mereka terpesona dengan kepentingan sesaat. Ketika ada kesempatan berbuat aniaya, maka mereka melakukannya walaupun ada ribuan atau jutaan orang sengsara akibat perbuatannya. Tertipu yang menyebabkan kecenderungan jiwa kepada sesuatu yang disukai hawa nafsu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Begitu pula dengan pesona wanita. Banyak di antara manusia yang tertipu dengan keindahan dan kemolekan wanita. Maka ketika kemolekan berada di depan mata, selagi ada kesempatan, mereka memanfaatkan hal itu untuk kesenangan sesaat.

Perbuatan demikian, merupakan perangkap iblis untuk menyesatkan manusia. Dalam surah al-Hadid ayat 14, Allah berfirman;

Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sendagurauan, perhiasan dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu.”

Baca Juga:

Hadis Arbain Nawawi No. 1; Pentingnya Niat

Hadis Arbain Nawawi No. 2; Iman, Islam, dan Ihsan

Hadis Arbain Nawawi No. 3: PIlar Islam

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image