Penyebab Manusia Mudah Tertipu

Hikmah  

Banyak Angan-Angan

Angan-angan dalam kehidupan seorang hamba selalu memberikan warnanya, membayangkan sesuatu yang belum terjadi (menjadi harapannya). Panjang atau banyak angan-angan disebut juga thulul amal, adalah banyak mengangankan perkara dunia dan cinta dunia. Thulul Amal menjadi salah satu penyebab tertipu.

Disebutkan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Hati orang yang sudah tua akan senantiasa seperti anak muda dalam menyikapi dua hal: cinta dunia dan panjang angan-angan.” (HR Bukhari).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Panjang angan-angan ini betul-betul berdampak buruk karena akan merusak hati. Nabi Muhammad SAW mengingatkan bahwa hati orang yang sudah tua akan seperti anak muda saat cinta dunia dan panjang angan-angan.

Betapa beratnya ujian bagi orang yang sudah tua, semestinya mengumpulkan bekal perjalanan kekalnya bukan bersikap (hatinya) seperti anak muda karena cintanya pada dunia. Panjang angan untuk menjadi anggota DPR di semua tingkatan, menjadi anggota kabinet, dan keinginan menjadi presiden dan wakilnya.

Artikel Terkait:

Kisah Ulama yang Doanya Tertolak karena Sebutir Kurma

Kelompok yang Mengiringi Jenazah

10 Golongan yang Jasadnya Masih Utuh Hingga Hari Kiamat

Buku Sehat dengan Wudhu

Dapatkan buku Sehat dengan Wudhu di Shopee, Klik disini

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image